Tidur yang Buruk Dapat Meningkatkan Risiko Alzheimer

Jum'at, 21 Februari 2020 - 18:14 WIB
Tidur yang Buruk Dapat Meningkatkan Risiko Alzheimer
Tidur yang Buruk Dapat Meningkatkan Risiko Alzheimer
A A A
JAKARTA - Kurang tidur telah dikaitkan dengan perkembangan demensia dan penyakit alzheimer. Berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa sekelompok kecil pria muda sehat yang kekurangan hanya satu malam tidur memiliki kadar protein tau dalam darah yang lebih tinggi daripada mereka yang istirahat dengan baik dan tidak terganggu.

"Ini menarik karena akumulasi protein tau terlihat pada otak orang yang menderita penyakit alzheimer atau bentuk paling umum dari demensia," kata penulis studi senior Dr. Jonathan Cedernaes, peneliti senior di Universitas Uppsala di Swedia.

Dilansir WebMD, para peneliti tidak menemukan peningkatan serupa dalam amiloid beta, protein otak lain yang lama dikaitkan dengan alzheimer. Temuan baru datang ketika penelitian alzheimer telah mulai mengalihkan fokus ke arah tau sebagai penyebab lebih penting dari kerusakan otak yang terkait dengan penyakit ini.

Kelompok peneliti lain juga melaporkan dalam jurnal Science Translational Medicine bahwa mereka dapat memprediksi dengan akurasi yang masuk akal daerah otak mana yang akan layu dan mengalami atrofi pada alzheimer dengan mengidentifikasi tempat-tempat di mana protein kusut telah menumpuk.

Tau adalah protein yang ditemukan di neuron yang aktif secara normal, dan biasanya dikeluarkan dari otak dengan cepat. Namun pada pasien alzheimer, tau saling menempel, membentuk kusut yang melekat di otak. Untuk studi terbaru ini, para peneliti melibatkan 15 pria dengan usia rata-rata 22 tahun, yang semuanya mengatakan mereka secara teratur tidur 7 hingga 9 jam berkualitas setiap malam.

Para peneliti mengamati setiap pria melalui dua set siklus tidur dua hari. Pada siklus pertama, mereka mendapat dua malam tidur yang nyenyak, tetapi pada siklus kedua mereka dilarang tidur selama satu malam. Hasil penelitian ini menunjukkan, para pria memiliki rata-rata 17% peningkatan kadar tau dalam darah mereka setelah kurang tidur malam dan mengalami peningkatan rata-rata 2% pada tau setelah tidur nyenyak.

Tidak ada biomarker lain yang terkait dengan alzheimer yang menunjukkan perubahan signifikan yang serupa, termasuk amiloid beta. Pada titik ini, para ilmuwan tidak tahu mengapa tau menumpuk di aliran darah orang yang tidur nyenyak.

"Ketika neuron lebih aktif, mereka mengeluarkan lebih banyak tau. Mungkin ketika kita tetap terjaga untuk waktu yang lama - lebih lama dari 15 hingga 18 jam sehari yang seharusnya - maka ini meningkatkan tingkat tau di otak ke titik di mana ia melebihi kemampuan otak untuk membersihkannya secara efektif untuk periode 24 jam tertentu," jelasnya.

Selain itu, Keith Fargo, direktur program ilmiah dan penjangkauan di Alzheimer's Association mengungkapkan, kurang tidur mungkin juga memengaruhi cara tubuh membersihkan protein dari otak.

"Setiap orang menghasilkan amiloid dan tau di otak mereka setiap hari, dan otak seharusnya membuang sampah. Pemikirannya adalah jika tidur terganggu dalam beberapa cara, proses yang terlibat dalam mengeluarkan sampah terganggu," ungkap Fargo.

Kemungkinan lain adalah bahwa tau dilepaskan dari sel-sel otak ketika mereka rusak. Misalnya, trauma kepala dapat meningkatkan kadar tau dalam darah.

"Jika sel otak mati, tau bisa keluar dari sel otak. Mungkin yang kamu lihat adalah hilangnya integritas sel otak jika kamu tidak tidur," tambah Fargo.

Meskipun temuan ini menarik, Fargo mencatat bahwa ini adalah penelitian yang sangat kecil yang hanya melibatkan kaum muda. Studi yang lebih besar yang melibatkan orang-orang paruh baya yang kurang tidur selama lebih dari satu malam - mungkin seminggu atau sebulan - akan memberikan data yang lebih baik yang bisa lebih terkait dengan demensia dan alzheimer.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)